Sebanyak 314 Orang Kasus DBD di Kabupaten Pamekasan, 4 Orang Meninggal Dunia

Ekspos.id, Pamekasan – Jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) tahun 2023 di Kabupaten Pamekasan mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Rabu (06/12/2023)

Hal ini disampaikan oleh Hidayat, Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan

“Untuk Kabupaten Pamekasan di tahun 2023 kasus DBD sebanyak 314 orang, dan 4 orang meninggal dunia”, kata pak Dayat sapaan akrabnya.

Menurut dia, dari sekian banyak kasus DBD pihaknya sudah melaksanakan proses penanganan sesuai standart operasjonal prosedur (SOP)

“Jadi upaya kami sudah maksimal, pasien DBD yang dirawat di Puskesmas sudah di rujuk ke RSUD, Ia memang 4 orang itu yang tidak tertolong”, terangnya.

Hidayat menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan Fogging atau pengasapan di beberapa wilayah yang terjadi kasus, Itupun langkah terakhir.

“Untuk Fogging atau pengasapan sudah kami lakukan terutama di wilayah yang sudah ada korban dan dipastikan ada kasus DBD lain disekitar tempat itu, baru kita Fogging”, terangnya.

Dayat juga sudah memastikan bahwa pihaknya melalui Puskesmas dan para kader kesehatan sudah memberikan penyuluhan ke warga – warga agar waspada dengan kasus DPD.

“Mencegah kasus DBD di Kabupaten Pamekasan, sebaiknya warga menjaga lingkungan tetap bersih, 3M plus juga dijalankan, ban bekas, kaleng, dan botol yang sekiranya menimbulkan genangan air sebaiknya dikubur atau didaur ulang”, pungkasnya. (M. Halili)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *