Hari H Idul Adha 1443H-2022, Disperta KP Terjunkan 50 Dokter Hewan

Penitia kurban masjid Al-maa’un kerja sama dalam pemotongan daging

Hari H Idul Adha 1443H-2022, Disperta KP Terjunkan 50 Dokter Hewan

Ekspos.id, Sampang- Untuk mengantisipasi adanya hewan qurban yang berpenyakit dan tidak layak konsumsi, Dinas Pertanian (Disperta) Sampang menerjunkan dokter hewan ke tempat penyembelihan hewan qurban, Minggu (10/7/2022).

“Hari ini ada 50 dokter hewan yang diterjunkan untuk mengecek kesehatan sapi sebelum dilakukan penyembelihan,” ucap Dokter Hewan Disperta KP Sampang Cristina.

Ia mengatakan sedikitnya ada 50 dokter hewan yang disebar ke seluruh Kecamatan Kabupaten Sampang. Hal itu untuk mengecek kondisi kesehatan hewan sebelum disembelih.

“Sapi yang dinyatakan sehat mendapat Surat Kesehatan Kesehatan Sehat (SKKH) dari dokter hewan Disperta Sampang,” katanya.

Cristina menambahkan bahwa hewan yang akan dipotong harus dinyatakan sehat, lengkap dengan surat keterangan dari Dinas Pertanian Kabupaten Sampang.

” Alhamdulillah dari 6 sapi dan 25 kambing yang dikurbankan di salah satu masjid Al Maun Kota Sampang dinyatakan sehat dan aman dari PMK dan daging layak di konsumsi,” ungkapnya.

Selain itu proses penyembelihan, pemotongan dan pendistribusian daging juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku.

” Proses penyembelihan harus sesuai prosedur yang ada, dan kami melihat dari lokasi mendukung dan utamanya di Masjid Al Maun,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *