Sapi Yang Terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dagingnya Masih Bisa Di Komsumsi

Ekspos.id, Sampang – Adanya Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Sampang membuat sebagian masyarakat tidak mau mengkonsumsi daging terutama daging sapi.

Sementara saat dikonfirmasi dikantornya Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Sampang Suyono menyatakan bahwa daging sapi yang terkena Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), dagingnya masih bisa dikomsumsi. Dengan dibersihkan dengan baik dan dimasak dengan matang,” ucap Suryono, Kamis (23/06/2022).

Untuk itu masyarakat tidak usah takut untuk mengkomsumsinya. Karena daging sapi tidak akan menular kepada manusia tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), yang penting cara masaknya yang benar,” ucapnya

Agar kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ini tidak semakin meluas, mari kita saling kerja sama dengan pencegahan selalu menjaga kandangnya dibersihkan atau di semprot desinfektan.
Dan yang perlu di perhatikan oleh peternak sapi, kalau ada gejala yang sakit jangan sampai di bawa keluar agar virusnya tidak menyebar kelainya kalau bisa di pisah jangan dikeluarin sama sekali atau di Lockdown di kandangnya,” tambahnya

Maka dari itu para peternak jika ada tanda PMK, segera melaporkan langsung kepada petugas kesehatan hewan atau ke Dinas Pertanian setempat, agar segera tertangani dengan baik dan diberikan suntik vitamin kepada sapi yang terkena penyakit.

Dan sebagai antisipasi dini sapi juga diberikan jamu tradisional untuk kesehatan sapi agar tidak mudah terkena PMK.

“Jamu tradisional seperti temulawak, kunyit diberikan ke sapi agar nanti selain bisa menambah lahap makan juga menjaga tubuh sapi tetap fit dan sehat,” jelasnya (Elly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *